Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali

Copy editor Tomi SatryatomoGita selalu bangga pada abangnya yang ia panggil Mas Gagah Namun suatu hari Mas Gagah berubah Berubah pula semua kehidupan Gita Dan ketika kemudian Mas Gagah pergi, apa yang terjadi dengan Gita Siapa Nadia Hayuningtyas dan lelaki berkemeja kotak kotak yang selalu Gita lihat di dalam bus, kereta api dan di berbagai tempat itu Dan mengapa leCopy editor Tomi SatryatomoGita selalu bangga pada abangnya yang ia panggil Mas Gagah Namun suatu hari Mas Gagah berubah Berubah pula semua kehidupan Gita Dan ketika kemudian Mas Gagah pergi, apa yang terjadi dengan Gita Siapa Nadia Hayuningtyas dan lelaki berkemeja kotak kotak yang selalu Gita lihat di dalam bus, kereta api dan di berbagai tempat itu Dan mengapa lelaki itu mengingatkannya pada Mas Gagah Dikembangkan dari sebuah karya legendaris, yang sangat menggetarkan dan membangkitkan semangat belajar Islam para remaja Indonesia sejak pertamakali diterbitkan di Majalah Annida 1993, hingga sekarang Asma Nadia Note Dalam buku ini terdapat 1 novellet, 14 Cerpen.
Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali Copy editor Tomi SatryatomoGita selalu bangga pada abangnya yang ia panggil Mas Gagah Namun suatu hari Mas Gagah berubah Berubah pula semua kehidupan Gita Dan ketika kemudian Mas Gagah pergi apa yang

  • Title: Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali
  • Author: Helvy Tiana Rosa
  • ISBN: 9786029672534
  • Page: 182
  • Format: Paperback
  • 1 thought on “Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali”

    1. Horeeee. Aku sudah selesai membaca. Buku yg sangat bagus dibaca para remaja Islam yang mencari identitas diri, maupun siapa saja. Ah andaikan saja semua penulis cerita dapat menyampaikan Islam dengan baik dan indah seperti yang disampaikan Helvy.

    2. Cool. Bagus banget. Baca berkali-kali, tersentuh berkali kali.Deskripsinya filmis, jadi seperti nonton film.Pemaknaannya dalam tapi tidak ada unsur menggurui.Pembaca jadi larut saja dalam cerita.Novellet KMGP dalam buku ini merupakan lanjutan cerpen KMGP di edisi lama (1997).Habis baca ini jadi seperti disentakkan pentingnya berbuat baik segera dimanapun kita berada.

    3. Bukunya bagus banget. Tanpa terasa kita diajak untuk lebih mengenal kebaikan dan keindahan Islam yang sering terlihat buruk karena ulah sebagian ummatnya. Benar kata Gola Gong, tokoh Mas gagah akan menjadi legenda.Buku ini terdiri dari 1 novellet dan 14 cerpen. Bisa nangis sambil tertawa loh bacanya. seru!

    4. Cerita KMGPdK merupakan pengembanga dari KMGP. Bentuknya novellet. Jadi dalam buku ini ada 1 novellet dan 14 cerpen. Bagus banget dan menyentuh. Cocok untuk anak SMP sampai orangtua. Habis membacanya serasa dapat spirit baru!

    5. Saya kira ini adalah buku remaja terbaik yang pernah saya baca! Menakjubkan, Helvy Tiana Rosa, menggurat saya (lagi)! Bukan hanya sebagai orang muda, tetapi sebagai muslim, sebagai manusia. Love this book so much! Buku yang istimewa, turut menggurat garis hidup saya. Setiap kali cetak ulang (sejak 1997), KMGP pasti saya beli. Menariknya, setiap kali cetak ulang ada sesuatu yang baru (seperti cerpennya ditambah, bonus novellet Gadis Bening dll). Tapi buku KMGPDK BUKAN cetak ulang, melainkan lanju [...]

    6. Kiriman buku ini datang kemarin, saya beli online dari Penerbit Asma nadia Publishing House. Langsung baca dan tidak bisa berhenti membacanya!Bikin nangis, bikin ketawa, merasakan kebaikan dan keindahan Islam dalam kelincahan serta kedalaman makna yang digurat penulisnya. Buku ini terkesan ringan, tp sangat mendalam. menyentuh dan tak akan bisa saya lupakan sampai kapanpun huhuhuhu.Nggak sabar menunggu filmnya!!!

    7. entah ini begitu jernih ketika membaca ketika mas gagah pergi kita tidak dibuat terjerat dengan agama agama dibuat begitu gagah oleh HTR dalam tiap karyanya terlebih saat adegan seminar dan muncul pertanyaan alasan apa saja yang membuat perempuan mengenakan jilbab begitu rasional jawabannya tidak kaku begitu mencerahkan

    8. Intinya, aku rindu dengan gaya bercerita seperti isi di kumpulan cerpen ini. Entah kenapa berasa ada ruh baru saat membaca tiap ceritanya. Pokoknya keren. makanya ku kasi bintang 5 untuk karya Mb Helvy yang satu ini :D

    9. Buku ini adalah titik balik saya, ketika saya menemukan sesuatu yang entah bernama apa. mungkin ini yang dinamakan hidayahBuku ini membuat saya semakin mencintai agama Islam

    10. Bukan Cerpen BiasaJudul : Ketika Mas Gagah Pergi dan KembaliPenulis : Helvy Tiana RosaPenerbit : Asma Nadia Publishing HouseTahun Terbit : September, 2011 Jumlah Halaman : 245 halaman. Sebuah cerita pendek terkadang memang hanya menjadi sarana hiburan bagi sebagian pembaca, bahkan oleh penulisnya sendiri menulis sebuah cerpen hanya untuk menghibur pembacanya. Sehingga terkadang isi cerpen mudah tersampaikan, namun mudah pula dilupakan oleh pembacanya. Dalam kata lain, karena cerpen i [...]

    11. Begitu selesai membaca buku ini, jadi langsung ingin mengamalkannyaheheheKisah KMGPdK merupakan pengembangan dari kisah yang ditulis Helvy tiana Rosa tahun 1993 di Majalah Annida. Lalu diterbitkan tahun 1997 dan dicetak ulang kembali tahun 2000 hingga lebih dari 15 kali cetak ulang.Nah buku ini merupakan cetakan pertama yang dikembangkan itu. Jadi meski sudah punya yang lama, harus beli lagi. Soalnya cerita versi pertama saja sudah dikembangkan jauh di sini, lalu ditambah sekuelnya.Cerpen-cerpen [...]

    12. Menarik, sama seperti karya mbak Helvy Tiana Rosa pada umumnya. Hanya saja cerita yang ditawarkan entah kenapa variasinya terlalu hambar. Saya mengakui betapa hebatnya HTR dalam mengemas Islam bersama dengan masalah yang ada di Indonesia pada umumnya tapi variasinya hambar karena melulu masalah, masalah dan masalah lalu tiba-tiba convert ke Islam yang sesungguhnya. Melihat buku ini teringat ketika saya di MAN pernah diminta untuk membuat drama tentang warisan. Sepuluh kelompok di satu sekolah da [...]

    13. Mungkin ini nggak tepat dibilang review, tapi kesan ketika membaca buku ini. Membaca buku ini adalah seperti nostalgia sewaktu masih kuliah di bogor di tahun 1998an, dimana buku2 kumpulan cerpen Mb HTR yang sampai sekarang masih terawat baik di rumah saya selalu menjadi pengingat untuk tahun2 awal saya berkerudung, tempat saya menemukan teman-teman terbaik saya, dan pembuka pandangan saya atas kondisi muslim di Indonesia dan dunia dan sebagai pembuka kecintaan saya akan membaca buku fiksi. Untuk [...]

    14. Sepakat dengan banyak kawan saya, buku ini adalah buku remaja terbaik yang pernah saya baca seumur hidup saya. Buku remaja terbaik kedua adalah KMGP juga yang versi lama hehehe. Sebagai catatan bahwa buku ini bukan buku KMGP versi cetak ulang, tapi buku yang berbeda #newKMGP. Spiritnya juga terasa jauh lebih kuatGPdK adalah buku fenomenal yang bagus sekali dibaca anak2 muda muslim Indonesia agar mereka punya karakter yang kuat, membumi dan bisa menampilkan wajah ummat Islam yang penuh cinta.Must [...]

    15. Keren.n. Gw suka. Kalau saja semua pemuda muslim Indonesia mau baca buku ini, gw yakin, akan ada perubahan2 berarti. Yg bikin gw suka, buku ini sangat menggugah, bicara banyak hal ttg Islam dan Indonesia tapi nggak bawel. Tahu2 pembaca meneteskan airmata dan setelah membaca, jadi pengin berubah lebih baik.Setidaknya, abis baca buku ini gue jadi ingin kayak tokoh utamanya lah si Mas Gagah hehehe amiin.

    16. ada satu cerita yang panjangnya 64 halaman yaitu Ketika Mas Gagah Pergidan Kembali, ditambah dengan 14 cerpen lainnya. Semua cerita menyentuh hati. Helvy Tiana Rosa menulis cerita remaja sama baik dan lincahnya dengan saat ia menulis sastra yang lebih serius, semisal Bukavu (2008), atau cerita anak seperti Pangeranku (2000). Recomended!

    17. Baru selesai baca, beli secara online di Asma Nadia Publishing House.Buku yang harus dibaca! Semua ceritanya keren.Di buku ini cerita KMGP sudah dikembangkan banyak.Saya jadi penasaran, mungkin pengarang idola saya inimau juga membuat KMGP: The Beginning? :-))Saya akan sangat menunggu! Love this book very much

    18. Buku yang setiap ceritanya membawa saya pada perenungan dalam. Padahal dikemas "seolah-olah" ringan.Satu pack tissue habis selama membaca buku ini. Dan dalam nurani saya seperti ada yang menyala. Subhanallah

    19. islam itu indah.m itu cinta.mbuka simpul-simpul di benak yang udahhh lama banget terikat eratnovis yang bacanya pake nangis hehehtapi tetaaapp mengajarkan kekuatan dan kebaikanhmmmm.ju kotak-kotak.i like it

    20. Buku yang membuat pembacanya menjadi lembut hati sekaligus tangguh.Kisah-kisah orang muda biasa yang sangat mengesankan, penuh hikmah, ditampilkantanpa menggurui.Punya satu buku ini tidak cukup. Beli lagi untuk kita jadikan kadobagi anak2 muda yang kita sayangi ;-)

    21. Bagaimana mungkin buku yang membuatmu menangis bisa begitu membahagiakan?Buku terfavorit saya tahun ini! Bintang 5.

    22. Pada dasarnya saya suka karya-karya HTR yang pertama kali saya kenal lewat Annida jaman waktu kuliah dulu. Dan Ketika Mas Gagah Pergi adalah salah satu favorit saya. Cerpen yang sangat bagus, menyentuh dan berisi. Tapi saya kecele waktu beli buku ini. Dari Gra**dia saya buru-buru pulang karena penasaran dengan Mas Gagah. Dan ketika selesai membaca cerita pertama, saya kecewa.Saya sungguh berharap akan membaca sebuah BUKU yang 'dikembangkan dari sebuah karya legendaris.' seperti kata Asma Nadia d [...]

    23. Mohon maaf sebelumnya, ini hanya pemikiran saya, mungkin. Buku ini super fiksi. Semua cerpen-cerpennya mungkin diilhami kisah nyata, namun menurut sudut pandang saya, bumbunya terlalu banyak. Mirip sinetron tetapi ada yang berpesan baik. Bagian yang di mata saya teramat "berbumbu" adalah ketika ada cerita bahwa kakak dari teman si tokoh utama terkena musibah kecelakaan, dengan ancaman kakinya diamputasi dan matanya buta. Di dalam cerita tersebut, dikisahkan bahwa sang dokter memberitahukan kabar [...]

    24. Buku ini rame sekali di twitter, tapi ditunggu-tunggu kok ya ngga ada-ada di toko buku Pontianak. Ya sudah, aku beli online, dilayani staf pemasaran yang mengesankan. Sehari pesan, buku sudah datang dan langsung buru-buru dibaca. Eeh baru baca beberapa lembar, ketinggalan di kantor, karena pengirimannya lwt alamat kantor. Entah kenapa, karena kesibukan kantor dan rumah -alasan- jadi terlupakan membacanya,sampai sebulan baru ingat mau menuntaskanklum kegiatan membaca paling intens adalah sebelum [...]

    25. Tadinya saya berharap mbak Helvy bikin novel khusus KMGP, tapi ternyata hanya novellet 64 halaman dalam 1 buku, ditambah kisah2 lainnya (14 cerpen). Saya memang fans berat beliau. Jadi buku apapun pasti saya beli. Dan selama ini saya tidak pernah kecewa. Buku ini meski KMGP hanya novellet berhasil membuat saya merasa tidak membaca. Tahu2 habis saja satu buku. Seperti nonton film gitu loh. Itu karena kehebatan pengarang dalam mendeskripsikan cerita sehingga tokoh2nya hidup semua. Trus bukan hanya [...]

    26. New KMGP ini adalah bacaan yang ringan tapi berbobot. Nah, bingung kan? Hehe Jadi kalau dilihat dari bahasanya santai banget, nggak ngejelimet (seperti kalo saya baca Bukavu ^^"), tapi setiap cerpennya membawa pesan-pesan Islam yang terang, penuh hikmah, dan membawa kesadaran berpikir tentang permasalahan-permasalahan seputar Islam yang ada di sekitar kita.Di antara semua cerpen dalam kumcer ini, tentu saya memilih ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali sebagai cerpen favorit. Membacanya sekali lagi [...]

    27. "Dan jadilah muslimah sejatiyang selalu mengedepankan nurani. Agar Allah selalu besertamu.Ingat, Islam itu indah. Islam itu cinta. Kalau kau tak setuju pada suatu kebaikan yang mungkin belum kau pahami, kau selalu bisa menghargainya"sukaaaaaa cerpen-cerpen dalam buku ini ^^breview saya ada di:faraziyyaltiply/reviews

    28. Awalnya saya sempat berpikir tokoh Mas Gagah dan Si Kemeja Kotak2 terkesan sempurna. Tapi sesungguhnya orang2 seperti mereka memang ada. Pengarangnya mengaku terinspirasi kisah nyata. Dalam buku ini ada puluhan tokoh cerita; dan hanya 3 yang terkesan sempurna: Mas Gagah, si Kemeja Kotak2 dan Irvan yang lainnya tokoh yang penuh kekurangan, kegelisahan, dan lain sebagainya. Lepas dari itu semua,KMGPdK adalah buku yang sangat inspiratif dan sempurna untuk belajar kehidupan! Lima bintang!

    29. Alhamdulillah. Buku yang membuatku menjadi orang yang lebi baik.Setuju dengan perkataan Kang Abik di twitternya, harusnya DIKNAS mendistribusikan buku Ketika Mas Gagah Pergi yang baru ini ke seluruh SMP, SMA dan universitas2 di seluruh Indonesia agar bisa menjadi salah satu alternatif pembentukan karakter pemuda kita. Terimakasih ya mbak Helvy sudah membuat buku ini. Luph banget dah. Mmmmmmuuuuuaaaaaaachhhhh

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *